Categories : Penyakit Stroke

 

Tips Terapi Fisik untuk Penderita Stroke.

Siapa bilang seseorang yang pernah terkena stroke tidak bisa sembuh lagi seperti sediakala? Saat ini, selain megkonsumsi obat penyakit stroke baik herbal ataupun sesuai resep dokter, banyak latihan fisik yang dapat dilakukan oleh para penderita atau pasien paska stroke. Latihan atau terapi ini dilakukan untuk merangsang sel-sel saraf dan otot yang selama ini mengalami kerusakan akibat dampak dari stroke.

Penyebab penyakit stroke adalah gangguan pada fungsi saraf yang disebaban oleh penyumbatan aliran darah yang menuju salah satu bagian dari otak, atau pada saat sebuah pembuluh darah yang ada dalam otak pecah. Gangguan aliran darah dalam otak biasanya terjadi begitu cepat, hanya beberapa jam saja saraf organ tubuh yang terganggu sudah terasa sulit untuk digerakkan.

Hampir semua penderita stroke beranggapan bahwa terserang stroke menjadi akhir dari segalanya. Harapan untuk hidup normal seperti sediakala bagi mereka sudah menipis. Terlebih jika penderita mengalami gangguan fisik setelah penyakit tersebut, sehingga kualitas hidupnya menurun. Padahal jika seseorang mau berusaha melakukan beberapa terapi yang disarankan oleh para ahli, kemungkinan besar para penderita stroke akan kembali normal, terang dokter rehabilitasi medik dr. Jovita Maria Melania, SpRM.

Terapi yang dimaksud adalah latihan fisioterapi stroke. Itu merupakan program pemulihan pada kondisi stroke yang bertujuan untuk mengoptimalkan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional penderita stroke, sehingga mereka mampu mandiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Terapi Fisik Penderita Stroke

Contoh Terapi Fisik untuk pasien penderita penyakit stroke. Latihan atau terapi ini dilakukan untuk merangsang sel-sel saraf dan otot yang selama ini mengalami kerusakan akibat dampak dari stroke. Selain terapi, Minum Teh Herbal RWP-Dan Shen Goji juga membantu utk mempercepat penyembuhan karena Teh tsb punya khasiat melancarkan aliran darah yg tersumbat.

—————————

Seperti kita ketahui, paska stroke para penderita atau pasien penyakit ini dapat mengalami gangguan pergerakan, raba atau rasa, keseimbangan, daya ingat dan cara berpikir. Semua ini dapat mengganggu aktvitas sehari-hari seperti makan, mandi, berpakaian, berdandan, dll.

Pasien stroke dengan gejala yang ringan dapat berlatih secara mandiri, tanpa bantuan orang lain. Sedangkan pada pasien yang belum dapat duduk atau berdiri memerlukan pendamping atau bantuan dari orang lain, seperti anggota keluarga, pengasuh atau tenaga medis terampil.

Berikutnya, Kita akan memberikan beberapa petunjuk praktis agar pasien stroke yang mengalami kelumpuhan dapat menolong dirinya sendiri dalam aktivitas berpakaiannya.

Tips Berpakaian untuk Para Penderita Penyakit Stroke

Penting untuk diketahui, melakukan aktivitas berpakaian pada pasien stroke memerlukan teknik khusus. Dr. Jovita membeberkan, dalam berpakaian dimulai dari sisi yang lemah dahulu baru sisi yang sehat. Sementara melepas pakaian dilakukan dengan cara sebaliknya, keluarkan sisi yang sehat dahulu baru sisi yang lemah.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan para pasien atau penderita stroke :

  1. Hindari pakaian ketat.
  2. Disarankan berpakaian (memakai dan melepas) sambil duduk ditempat tidur, kedua kaki menapak ke lantai atau bangku kecil.
  3. Sangat disarankan agar setiap berpakaian, berusaha menyelesaikan sebagian besar proses dengan mandiri sebelum meminta pertolongan orang lain, agar dapat tercapai tujuan berpakaian secara mandri.
  4. Berpakaian secara mandiri bisa dilakukan bila keseimbangan duduk sudah baik.

Demikian tips sederhana dari kami tentang bagaimana para pasien atau penderita stroke dapat berpakaian secara mandiri. Proses melatih berpakaian secara mandiri ini adalah sebuah langkah sederhana yang jika terus menerus dilakukan secara konsisten, maka akan sangat membantu proses pemulihan mental dan fisik pasien stroke. Ini adalah proses jangka panjang yg merupakan bagian dari pengobatan dan penyembuhan penyakit stroke.

(DOKTER Kita)

————————-

 

Tim Penulis DavitHerbal
=====================

banner iklan teh herbal

Pencarian dari Google:

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Facebook Comments

2 Responses to “Tips Sederhana Untuk Penderita Stroke”
Read them below or add one

  1. bisakah untuk penderita stroke yang sudah menahun?
    mohon hubungi sy di 085247974774

    salam adhy

    1. Bisa Pak Adhy Insya Allah. Sudah banyak bukti pasien yg sembuh dari Stroke menahun. Oke, ntar Bpk dihub admin via nomor Hp tsb…Mksh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.