Categories : Penyakit Stroke

 

Stroke juga Bisa Menyerang Usia Produktif.

Kita tahu penyakit stroke kini menjadi penyakit umum yang mengincar usia produktif. Meski begitu, bukan berarti stroke yang dialami bisa menjadi penghambat produktifitas ke depannya. Stroke yang diderita juga punya kemungkinan disembuhkan, meski tidak sesempurna kondisi orang yang tidak pernah mengalami stroke.

Sudah banyak contoh pasien stroke yang sudah mampu kembali melakukan aktivitas produktifnya seperti sediakala, padahal sebelumnya harus bedrest atau beristirahat total untuk jangka waktu tertentu. Kesembuhan ini tentunya tidak datang tiba-tiba. Perlu motivasi tinggi, baik dari pasien maupun keluarga dan tentunya terapi stroke utk pemulihan yang benar dan konsisten. Karena itu, pada kesempatan ini kami menguraikan terapi pemulihan bagi pasien stroke agar bisa kembali melakukan aktifitasnya.

Dr. Jovita Maria Melania SpKFR memberikan penjelasan tentang bagaimana pasien stroke melatih diri untuk bisa melakukan aktivitas gerakan berpindah dari satu permukaan ke permukaan yang lain.

Menurut Dr. Jovita, setiap pasien stroke mempunyai kebutuhan dan kemampuan yang berbeda dalam melakukan transfer atau perpindahan. Semua tergantung dari riwayat penyakit sebelumnya. Juga kapasitas fungsional dalam melakukan aktvitas sehari-hari sebelum sakit, kondisi rumah seperti lingkungan tempat tidur pasien dan dukungan keluarga. “Pasien yang berbaring lama akan merasa cepat lelah, tetapi dengan kegiatan yg lebih aktif, pasien akan lebih bugar”, imbuh Dr. Jovita. Cara-cara yang akan dijelaskan Dr. Jovita berikut adalah cara umum yang diterapkan pada pasien stroke dengan kelemahan satu sisi anggota gerak bawah atau atas. Ini adalah terapi pasca penyakit stroke.

Proses Terapi Stroke Berupa Latihan Perpindahan.

Awalnya pasien mungkin masih memerlukan bantuan dalam setiap latihan transfer atau perpindahan posisi. Bantuan ataupun pendampingan sangat penting bagi pasien yang baru pertama kali latihan, pun pada pasien yang keseimbangan duduk ataupun berdirinya belum baik. Namun bila tekun melakukannya, lambat laun pasien akan bisa melakukan pola transfer atau berpindah gerakan yang benar. Diharapkan bantuan akan makin berkurang sampai akhirnya pasien mampu melakukan transfer gerakan secara mandiri.

terapi stroke duduk

Contoh Terapi Pasca Stroke dari posisi tidut ke duduk. Sang Terapis perlu memberitahukan urutan apa saja yg mesti digerakkan kepada Pasien Teraoi Stroke ini (image source : Solo Stroke).

Seperti yang dijelaskan Dr. Jovita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan latihan transfer pada pasien stroke. Berikut diantaranya:

  1. Pasien sudah melakukan latihan rekondisi pasien ke arah posisi tegak secara perlahan. Hindari perubahan cepat dari posisi berbaring ke arah duduk atau berdiri.
  2. Latihan bisa mulai diberikan pada pasien yang sudah mampu duduk dengan tegak di kursi.
  3. Perhatikan keseimbangan dalam posisi duduk. Pasien stroke cenderung jatuh ke arah sisi stroke atau ke belakang.
  4. Untuk transfer gerakan mandiri, diperlukan kekuatan dan kebugaran yang cukup baik. Pasien harus mampu menumpu berat badan minimal pada satu kakinya dan kedua tangannya.
  5. Walaupun terjadi kelemahan pada sisi stroke, dengan kekuatan yang cukup pada sisi yang sehat, pasien mampu berdiri, berputar dan duduk mandiri.
  6. Tirah baring lama akan membuat kebugaran menurun sehingga untuk transfer diperlukan bantuan orang lain.
  7. Terangkan langkah-langkah yang akan dilakukan dengan jelas sebelum melakukan bantuan transfer atau perpindahan sehingga pasien merasa aman.

—————————–

Contoh Latihan Perpindahan Posisi.

#Posisi tidur ke duduk :

  1. Posisikan tubuh agak rendah sehingga kaki bisa menapak di lantai ketika duduk di tepi tempat tidur.
  2. Sebaiknya tempat tidur mempunyai ketinggian yang sama dengan kursi atau kursi roda.
  3. Bila pasien dengan kelemahan sisi kanan, maka latihan transfer mulai dari sisi kiri tempat tidur (sisi sehat). Setelah mahir, baru dilatih dari sisi kanan (sisi stroke).
  4. Letakkan kursi roda di sisi sehat, menghadap ke arah kaki dengan sudut 45 derajat.
  5. Walaupun pasien mampu melakukan urutan-urutan ini dengan mandiri, tetap diperlukan pemantauan.
  6. Semua anggota keluarga maupun care giver harus menggunaan metode atau instruksi yang sama.
  7. Selesaikan satu langkah dengan baik dan benar sebelum mencoba langkah berikutnya.

    terapi stroke duduk

    Pasien yg berhasil pindah posisi dari berbaring ke posisi duduk perlu ditanyakan kondisinya. Komunikasi Terapis dg Pasien akan memberikan rasa percaya diri Sang Pasien pasca stroke agar semangat utk bisa pulih kembali (image source : Solo Stroke).

 #Perpindahan dengan bantuan satu orang :

  1. Jelaskan apa yang akan dilakukan kepada pasien sebelum memulai, hitung” 1-2-3” secara bersama-sama dengan pasien. Supaya pasien siap bekerjasama dan membantu proses perpindahan posisi ini.
  2. Ketika mengangkat, jaga posisi netral tulang belakang (punggung), lutut ditekuk dan keseimbangan baik pada kedua kaki. Kencangkan otot-otot perut dan punggung. Lalu otot-otot paha dan betis yang berperan sebagai mengangkat. Posisikan pasien sedekat mungkin dengan care giver.
  3. Putar salah satu kaki, untuk memposisikan pasien di kursi roda. Jangan memutar badan.

—————————–

Itulah beberapa contoh latihan berpindah posisi bagi para pasien stroke. Mudah-mudahan jika dilakukan secara konsisten dan terus-menerus, bisa membantu pemulihan pasien stroke secara lebih cepat dan lebih memadai. Inilah salah satu bentuk pengobatan atau terapi pasca penyakit stroke yang relatif mudah, murah dan bisa dilakukan kapanpun, baik sendiri maupun dengan bantuan orang lain. Bisa untuk semua pasien dengan berbagai penyebab penyakit stroke.

Ohya, untuk mempercepat penyembuhan, iringi terapi stroke tsb dg minum obat herbal stroke yg sudah terbukti ampuh membantu penderita stroke sampai bisa bergerak. Minum Teh Herbal RWP-Danshen Goji, Insya Allah bisa mempercepat penyembuhan penyakit stroke. Sudah banyak testimoni pasien stroke yg sembuh dg minum Teh Herbal ajaib ini. Silahkan Sobat baca Testimoni Pasien Stroke pada halaman berikut>>klik.

—————————–
(Diolah secara bebas dari Majalah Kesehatan DOKTER Kita).

 

Tim Penulis DavitHerbal
=====================

banner iklan teh herbal

Pencarian dari Google:

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.