Penyebab Penyakit Jantung

Penyebab Penyakit Jantung
 Categories : Penyakit Jantung

 

Penyebab Penyakit Jantung

 

Kemajuan Teknologi, meningkatkan pendapatan, serta majunya berbagai segi kehidupan di era modern telah mengubah gaya hidup dan pola hidup masyarakat. Pola hidup yang saat ini dijalani banyak dipengaruhi oleh budaya barat, gaya hidup yang kurang memerhatikan kesehatan ini terlihat jelas pada kehidupan masyarakat kota bahkan bisa menjadi penyebab penyakit jantung. Terlihat dari makanan yang dapat dijumpai di setiap restoran siap saji atau fast food. Pada dasarnya, restoran-restoran siap saji tersebut bukanlah penyebab utama pergeseran pola hidup masyarakat. Tetapi, setidaknya menjadi sarana untuk mempercepat pergeseran pola makan bagi sebagian besar orang.

Masyarakat dari berbagai usia umumnya menyukai sajian menu di restoran-restoran  tersebut. Selain praktis dan enak, pilihannya pun beraneka ragam. Padahal, bila menilik dari sisi kandungannya, makanan-makanan tersebut mengandung protein dan lemak yang tinggi. Apabila pola makan tersebut tidak terkontrol dan keseimbangan gizi tidak terpenuhi maka seseorang akan lebih mudah terserang penyakit yang sulit disembuhkan, seperti kolesterolemia (meningkatnya jumlah kolesterol dalam peredaran darah) yang berujung pada gangguan fungsi jantung.

Sebenarnya, makanan tradisional kita lebih menyehatkan karena kaya akan serat dan lebih menyehatkan tubuh. Tapi sayangnya, banyak dari generasi sekarang yang tidak menyukainya. Ancaman gangguan kesehatan pun tak dapat dihindari. Selain pola makan yang kian hari kian tidak sehat, masalah lain seperti kebiasaan merokok, stress berat, sering bergadang, dan lain sebagainya dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius. Salah satu yang termasuk berbahaya adalah gangguan kolesterol tinggi. Tingginya kadar kolesterol adalah faktor risiko utama penyebab penyakit jantung. Dengan mengontrol kadar kolesterol dan faktor risiko lainnya maka seseorang dapat mengurangi potensi terkena penyakit jantung.

Apabila sering mengonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi maka kolesterol dalam darah akan meningkat melebihi angka normal, misalnya banyak makanan yang mengandung lemak tinggi. Kelebihan kolesterol ini akan bereaksi dengan zat-zat lain dan mengendap dalam pembuluh darah arteri. Keadaan ini pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya artherosklerosis (pemblokiran aliran darah akibat pembekuan lemak yang mengendap dalam pembuluh darah), sehingga mengganggu proses sirkulasi darah ke jantung. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka akan memunculkan serangan jantung dan bisa menjadi penyebab penyakit jantung.

 

Sumber : Tahukah Anda Makanan Berbahaya Untuk Jantung? (Supriyadi Amir, 2014)Screenshot_1

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : June 6, 2017
Tags:

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.