Categories : Penyakit Liver

 

Pengantar Warna Kuning.

Warna kuning umumnya identik dengan nuansa lucu dan ceria. Namun “kuning” berikut sangat jauh dari kesan lucu dan harus diwaspadai karena bisa merupakan sinyal bahaya dari tubuh, termasuk merusak otak secara permanen bila dialami bayi.

Marni muntah-muntah sejak pagi. Suaminya Parjo jadi kebingungan. “Bulan ini tamu bulananmu sudah datang belum Bu?”, tanya Parjo harap-harap cemas. Maklum, Marni dan Parjo adalah pengantin baru, tapi si Mbok sudah ribut minta cucu. Marni melirik Parjo sambil mengelap mulut,”Belum sih, tapi kaya nya bukan hamil Pak. Soalnya tadi pagi buang air besar, kok warnanya seperti dempul tapi air kencingnya malah coklat seperti teh”.

Sebagai suami siaga yg perhatian dg kesehatan dg istrinya, Parjo pun membawa Marni ke dokter. Setelah diperiksa, dokter mengatakan bahwa Marni tampak kuning dan harus diperiksa lebih lanjut di rumah sakit. “Wah, kalau dokter tidak bilang, saya juga tidak sadar kalau saya kelihatan kuning. Tapi kok bisa kuning ya?”, Marni bertanya-tanya.

Gejala Penyakit Kuning pada kuku

Gejala Penyakit Kuning bisa terihat pada kuku dan telapak tangan. Meski ada juga penyakit kuning yg tidak terlihat warna kuning pada kulit kita, perlu segera diperiksa ke dokter apabila Sobat menderita gejala-gejala seperti di bawah (image : obat hepatitis b).

————————-

Identik dengan Sakit Kuning

Kulit yang tampak kuning dalam dunia kedokteran sering disebut dengan istilah jaundice atau ikterik. “Pada ikterik, warna kuning tersebar merata di seluruh tubuh. Awalnya warna kuning dapat terlihat samar-samar dan tidak disadari oleh penderitanya, tapi makin lama makin jelas”, ujar Dr.dr. Rino A. Gani, SpPD, KGEH. Tidak heran jika banyak orang yang baru sadar bahwa ia terlihat kuning setelah berobat ke dokter.

Selain kulit, warna kuning juga dapat terlihat jelas di bagian putih mata dan kuku. Orang yang kulitnya berubah warna menjadi kuning biasanya juga mengeluhkan urinenya berwarna kecokelatan seperti teh dan tinja jadi terlihat pucat seperti dempul.

Kulit kuning? Kalau tidak terkena kunyit ya pasti sakit kuning. Ini adalah anggapan yang umum beredar di masyarakat. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah karena memang sebagian besar warna kekuningan pada kulit disebabkan oleh sakit kuning alias Hepatitis. Meski demikian, tidak sedikit juga disebabkan oleh penyakit lain. Ikterik sendiri bukanlah penyakit, melainkan merupakan gejala dari adanya penyakit yang lebih serius karena itu penderitanya harus segera dibawa ke dokter untuk mencari tahu mengapa bilirubin dapat menumpuk di kulit.

Ikterik dapat mengenai orang dari berbagai usia mulai bayi hingga orang dewasa. Meski demikian, penyebab ikterik pada bayi dan orang dewasa umumnya berbeda. Gejala penyakit kuning dapat disertai dengan demam, menggigil, sakit perut, gatal-gatal hingga penurunan berat badan. Satu yang perlu diingat, tidak peduli berapa usia kita dan bahwa kita merasa baik-baik saja, warna kulit yang kekuningan tidak boleh dbiarkan begitu saja.

Peningkatan Kadar Bilirubin

Warna kuning pada ikterik disebaban oleh peningkatan kadar bilirubin di dalam darah. Bilirubin adalah sampah yang dihasilan tubuh dari sel darah merah yang sudah rusak. Bilirubin ini dibawa oleh darah ke hati untuk disatukan dengan empedu. Kombinasi keduanya akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine dan feses. Karena mengandung pigmen atau zat warna, urine akan menjadi kuning dan feses menjad kecokelatan. Jika terjadi penumpukan, bilirubin akan terakumulasi di jaringan, termasuk di jaringan kulit dan mata, sehingga tubuh jadi terlihat kuning. Ikterik ini biasanya akan mulai terlihat saat kadar bilirubin darah lebih dari 2,5-3 mg/dl.

Faktor-Faktor Penyebab Penyakit Kuning

Kekuningan pada orang dewasa dapat disebabkan oleh beberapa penyakit yang secara umum dapat dibagi menjadi tiga kelompok :

  1. Pra-hepatitik, yaitu jika gangguan terjadi sebelum bilirubin memasuki hati.

    Beberapa penyakit yang dapat mencetuskan hal ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Malaria
  • Anemia Sel Sabit
  • Talasemia
  1. Hepatik, yaitu jika penyebab berasal dari hati.

    Berikut beberapa penyebabnya :

  • Penyebab paling sering adalah hepatitis atau penyakit liver akibat virus hepatitis A, B atau C.
  • Minum minuman beralkohol yang bisa menyebabkan penyakit hati alkoholik.
  • Kanker hati dan obat-obatan seperti parasetamol, serta jamu-jamuan juga dapat meningkatkan resiko kerusakan hati.
  • Obesitas dan perlemakan hati.
  1. Post-hepatik, yaitu jika gangguan terjadi setelah bilirubin dikeluarkan dari hati.

Kekuningan juga sering terjadi akibat penyakit di luar hati, terutama pada empedu dan pankreas. Misalnya tersumbatnya saluran empedu akibat batu empedu, pankreatitis, kanker pankreas dan kanker empedu.

Gejala Penyakit Kuning pada wajah

Kadang gejala penyakit kuning bisa terlihat jelas dari wajah penderitanya. Warna kuning disebabkan oleh kadar bilirubin yg tinggi dan sudah bercampur dg empedu dalam hati (image : ciricara).

Lalu Bagaimana Penyembuhannya?

Kekuningan atau ikterik disebabkan oleh banyak faktor, oleh karena itulah penyembuhannya tergantung dari berbagai penyebabnya. Jika karena Talasemia, maka atasi dulu talasemianya. Jika karena alkohol, maka hentikan menggunakan alkohol. Jika kerena hepatitis, maka atasilah hepatitisnya terlebih dahulu. Selain itu, berat badan juga perlu terus dijaga untuk menghindari perlemakan hati.

Pada prinsipnya, biasakanlah memiliki gaya hidup yang sehat dan bersih karena dengan gaya hidup sehat dan bersih akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit hati. Gaya hidup sehat dan bersih itulah merupakan obat penyakit kuning terbaik bahkan untuk segala jenis penyakit.

Dan pembiasaan hidup sehat bisa kita mulai dari mengkonsumsi minuman sehat seperti Teh Herbal Dan Shen Goji yang sudah terbukti secara medis mampu dengan sangat efektif mengatasi penyakit liver bahkan yang sudah akut. Pemilik Teh Herbal ini sudah pernah divonis Dokter 10 tahun lalu, bahwa umurnya tinggal 1 tahun lagi akibat penyakit Hepatitis atau Liver yg beliau derita. Dengan mengkonsumsi Teh Herbal ini selama setahun lebih dalam racikan yg masih sederhana, akhirnya Bu Farida dinyatakan Dokter sembuh dari Penyakit Livernya..Dahsyat…!

—————————–
(Diolah secara bebas dari Majalah Kesehatan DOKTER Kita).

 

Tim Penulis DavitHerbal
=====================

banner iklan teh herbal

Pencarian dari Google:

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Facebook Comments

4 Responses to “Warna Kuning yang Membahayakan Tubuh”
Read them below or add one

  1. terima kasih pak artikelnya sangat bermanfaat untuk mengetahui gejala sakit kuning dan tips cara penyembuhannya

  2. informasinya sangat bermanfaat !, mohon ijin untuk copas ke Myblog, tks

    1. Oke siip..Silakan dicopas Pak Rudy..Semoga bermanfaat..!

  3. tris infonya….

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.