Categories : Manfaat Buah-Buahan

 

Buah Seksi yg Kaya Nutrisi.

Cobalah Anda jalan-jalan ke Eropa atau ke Timur Tengah, lalu tanyakan kepada penduduk setempat, buah tropis apa yang menurut mereka menarik? Maka jawaban yang paling mungkin keluar adalah mangga. Buah mangga sudah punya banyak penggemar di segala pojok dunia. Begitu banyak orang menyukainya karena bentuknya yang berlekuk, berkulit halus dan beraroma harum.

Bila dicium terasa semburat rasa manis. Bila digigit terasa lembut dan lumer dilidah. Tidak heran, buah mangga mendapat julukan “buah seksi”. Kebudayaan India bahkan mengidentifikasikan mangga dengan kesuburan.

Tak hanya menggoda lewat “keseksiannya”, mangga ternyata kaya nutrisi yang tentunya sangat menyehatkan bagi tubuh. Banyak yang menyebut mangga sebagai superpower fruit. Ini dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi dalam mangga. Maka, tak heran jika banyak penyakit yang takluk karena kekuatannya. Menurut pakar nutrisi Emilia E. Achmadi, RD., mangga mengandung banyak mineral, zat besi, vitamin A dan C. “Agar syaraf-syaraf di otak dapat bekerja secara maksimal, maka perlu asupan mineral yang cukup. Mangga bisa membantu daya ingat”, begitu kata Emilia E. Achmadi, RD.

khasiat buah mangga

Hmmm…..Buah mangga yg ranum ternyata memiliki banyak manfaat, di antaranya utk meningkatkan kinerja otak, membantu daya ingat, antioksidan kuat, melawan radikal bebas, imunitas tubuh, menyehatkan jantung, dll (buahsayuran & caramelights).

—————————–

Kandungan Nutrisi dalam Buah Mangga Meningkatkan Kinerja Otak.

Salah satu kandungan nutrisi terbesar dalam mangga adalah Vitamin B6. Vitamin ini bekerja untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Piridoksin-sebutan lain untuk vitamin B6-juga bekerja dalam proses penggabungan neurotransmitter utama yang bertugas untuk menentukan suasana hati dan pola tidur.

Nutrisi lain dalam mangga yang juga turut berperan dalam kerja otak adalah Glutamin. Senyawa ini dikenal berguna meningkatkan memori dan menjaga sel aktif di otak. Dalam proses kerja otak, potassium dibutuhkan sel otak untuk menghantarkan sinyal listrik. Potassium dalam jumlah kecil terdapat dalam setiap sel otak (neuron). Kekurangan potassium akan menyebabkan respon otak melambat. Juga mempengaruhi saraf sensorik dan motorik.

Emilia E. Achmadi juga mengatakan bahwa khasiat buah tidak lepas dari warnanya. Warna merupakan kunci dari nutrisi yang terkandung dalam buah. Warna kuning-oranye yang dimiliki mangga memberi arti bahwa di dalam buah mangga terkandung Betakarotin dengan kadar yang tinggi. Betakarotin dengan kadar yang tinggi akan melawan radikal bebas yang membuat pembuluh darah kaku dan tersumbat, sehingga bisa menurunkan resiko sakit jantung.

Mangga juga kaya akan Pro-Vitamin A yang di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A. Mangga juga mengandung banyak Vitamin C yang baik dalam menjaga imunitas tubuh. Yang unik dari buah mangga adalah kandungan asam gallicnya, yakni antioksidan kuat. Perhatikan, saat dibelah mangga tidak berubah kecokelatan seperti halnya apel atau belimbing. Kini, asam gallic sedang diteliti untuk dikembangkan menjadi obat kanker.

(DOKTER Kita)

————————-

 

Tim Penulis DavitHerbal
=====================

banner iklan teh herbal

Pencarian dari Google:

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Facebook Comments

2 Responses to “Manfaat Buah Mangga sebagai Pendongkrak Kinerja Otak”
Read them below or add one

  1. sip pak davit semakin mantap aja bisnisnya, dan artikelnya selalu banyak bermanfaat..ijin share pak davit

    1. Silahkan share Pak Suparno..Moga bermanfaat..!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.