Penyakit Lupus Dan Maag

Penyakit lupus

Penyakit lupus adalah penyakit kronis yang merusak sistem kekebalan tubuh (imunitas) dan mempengaruhi berbagai macam jaringan, seperti kulit, persendian, jantung, darah, ginjal, dan otak. Secara normal, sistem imunitas tubuh akan membentuk protein (dikenal sebagai antibodi) yang bertugas mematikan virus, bakteri, atau materi asing yang masuk ke dalam tubuh.

Pada penderita lupus, sistem imunitasnya tidak mampu membedakan antara substansi asing dan sel-sel jaringan tubuh. Antibodi yang dihasilkan justru melawan sel-sel yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh.

Lupus adalah penyakit misterius dan belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkannya. Hanya sedikit tanda atau gejala yang ditampakkan, sebelum akhirnya si penderita mengalami perubahan fisik yang nyata secara mendadak.

Untuk menguji apakah seseorang menderita lupus, maka dilakukan tes darah yang bernama anti nuclear antibody (ANA). Tes ini akan mengidentifikasi auto antibodi (antibodi perusak) yang memakan sel-sel berguna di dalam tubuh. Hasil positif dari tes ini belum bisa dikatakan seseorang menderita lupus. Dibutuhkan data-data lain, seperti gejala-gejala, catatan fisik pasien dan tes lengkap laboratorium, hingga akhirnya dipastikan si pasien memang menderita lupus.

Tanda-tanda dan gejala lupus

Berikut tanda-tanda dan gejala yang biasanya ditunjukkan oleh penderita penyakit lupus:

  1. Rasa ngilu yang luar biasa di bagian persendian
  2. Penderita mengalami kelelahan yang ekstrem
  3. Muncul semacam bekas luka disekujur tubuh
  4. Pipi dan hidung penderita tampak menyerupai kupu-kupu (butterfly effects)
  5. Mengalami anemia yang amat parah
  6. Saat bernapas, penderita mengalami tekanan yang berat
  7. Timbul permasalahan di sekitar hidung dan mulut
  8. Sensitif terhadapa cahaya, sinar matahari maupun kilatan foto

Tindakan yang harus dilakukan

  1. Usaha pencegahan penyakit

–          Memperkuat sistem imun tubuh dengan banyak mengkonsumsi zat-zat / makanan yang dapat menguatkan sistem imun sehingga tidak mudah terserang penyakit.

–          Mengurangi kontak dengan sinar matahari

–          Menerapkan hidup sehat dan menghindarkan diri dari stress

–          Tidak merokok

–          Berolahraga secara teratur

–          Melakukan diet nutrisis

  1. Usaha pengobatan penyakit

–          Menggunakan obat-obat berbahan alami, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga menjadi penangkal utama penyakit

–          Menggunakan terapi-terapi alami yang lebih aman

–          Salah satu perawatan yang dilakukan untuk penderita lupus adalah dengan pengobatan medis. Ada beberapa jenis obat yang bisa mengurangi gejala lupus. Akan tetapi penggunaannya akan menimbulkan efek samping (ini menjadi catatan penting!). Gejala dan efek samping yang dialami oleh penderita sangat bervariatif dan tak bisa di prediksi. Jadi dibutuhkan pendampingan oleh petugas kesehatan dalam kasus ini. Berikut beberap obat yang dibutuhkan penderita: steroid, immunosuppressant, antimalaria dan non steroidal anti inflammatories

 

Penyakit maag

Maag adalah kondisi tubuh yang kelebihan kadar asam lambung hingga menyebabkan perasaan terbakar di ulu hati. Kelebihan asam lambung yang berlarut-larut atau berulang-ulang merupakan tanda bahwa telah trjadi borok lambung atau usus. Borok lambung atau usus sendiri merupakan luka menahun pada lambung atau usus halus.

Sebab-sebab timbulnya mag adalah sebagai berikut:

–          Mengkonsumsi makanan berlemak

–          Banyak mengkonsumsi alkohol

–          Makan tidak teratur

–          Sering menunda makan meski sudah sangat lapar

Tanda-tanda dan gejala penyakit mag

–          Timbul rasa tidak enak (penuh atau sebah) pada lambung atau tengah dada

–          Perasaan terbakar di ulu hati

–          Merasakan nyeri yang menahun dan kadang menusuk ulu hati

–          Terjadi serangan nyeri hebat jika terlambat makan 2 atau 3 jam, makan makanan berlemak dan pedas atau minum alkohol

Tindakan yang harus dilakukan agar tidak diserang mag:

–          Makan teratur dan jangan menunda makan jika memang sudah lapar

–          Mengkonsumsi makanan yang dapat menyembuhkan borok dilambung, seperti keju, kelapa susu (rum), havermout, pisang, telur rebus, biskuit kentang rebus, minum dua gelas air putih sebelum dan sesudah makan

–          Menghindari makanan / minuman yang dapat membuat borok lambung semakin parah, seperti minuman keras, kopi, rokok, cabai, merica, makanan berlemak dan minuman bersoda.

Pencarian dari Google :

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Comment