• Jam Buka Toko: Fast Respon : 09:00 WIB - 16:00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: (+62251) 8330325
  • SMS/WA: +6281282158670
  • support@davitherbal.com
DavitHerbal.Com sebagai anak usaha dari RWPGrup.com, siap dan terus berkarya & berkomitmen untuk menjadi mitra usaha yang saling menguntungkan. Ayoo... gabung bersama kami. Dapatkan Bimbingan Bisnis GRATIS selama 1 tahun, hingga sobat minimal raih omset 50 Juta/Bulan. >> Segera Gabung bersama kami, selengkapnya, KLIK DISINI >>

Inilah Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Dlm Kondisi Fit

21 December 2017 - Kategori Blog

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit

Ketahui Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit

Mengetahui Tips menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit ini menjadi penting, terlebih baig orang yang memiliki kesibukan tinggi.

Orang yang aktif, namun kurang dalam asupan vitamin dan sumber engeri, akan sangat rentan untuk terkena berbagai macam penyakit dibandingkan dengan orang yang memiliki sedikit mobilitas.

Maka mengetahui konsep pola hidup sehat dan seimbang, menjadi penting sekali bagi orang yang aktif untuk memperhatikan kesehatannya.

Bukan suatu alasan, bawah orang yang memiliki kesibukan tinggi rentan untuk terkena penyakit sebab dia akan mudah sekali capek. Saat tubuh capek sistem imun melemah, saat imun melemah itulah berbagai macam penyakit akan bisa masuk ke dalam tubuh.

Karena kesibukan juga, orang tersebut juga akan mengalami kesulitan dalam mengatur pola tidurnya sehingga saat seseorang memiliki jam tidur malam yang sedikit dia akan mudah terkena berbagai macam penyakit akibat kurang tidur.

Tidak hanya itu saja orang dengan kesibukan tinggi sering terkena stres dimana stres itu yang menjadi penyebab utama dari berbagai macam penyakit serius.

Dibawah ini, dapat kami sampaikan beberapa tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap tetap fit dan tidak mudah sakit :

Disiplin Dalam Menjaga Pola Makan

Tips pertama yang bisa sobat lakukan dengan menjaga pola makan, jangan pernah meninggalkan sarapan dan selalu atur jam makan sobat.

Orang yang tidak bisa mejaga pola makannya dia akan mudah sekali terkena penyakit maag.

Gejala penyakit maag pertama yang akan dirasakan orang yang tidak memiliki pola makan yang teratur adalah perut terasa melilit dan sering terkena sakit perut.

Makan Makanan Yang Mengandung Gizi Seimbang

Sudah tidak asing lagi tentang makan makanan dengan gizi seimbang, makan makanan dengan gizi seimbang adalah yang 4 sehat dan 5 sempurna. Semua gizi makan makanan ada di makan makanan 4 sehat dan 5 sempurna.

Memang karena faktor ekonomi banyak masyarakat yang ada di Indonesia tidak bisa melakukan pola makan seperti itu.

Pola makan yang ada di Indonesia jika sudah ada sayur lauknya yang tidak ada, kalaupun keduanya ada banyak masyarakat yang tidak bisa meminum susu setiap harinya sehingga makan makanan 4 sehat 5 sempurna itu tidak bisa dilaksanakan.

Hindari Makan Berlebihan

Ada banyak bahaya yang bisa ditimbulkan dari memakan makan makanan yang berlebihan, salah satu bahayanya adalah bisa memicu obesitas.

Obesitas sendiri merupakan sumber dari berbagai macam penyakit yang serius misalnya saja adalah serangan jantung  dan juga penyakit stroke.

Kurangi Makan Makanan Sampah

Makan makanan sampah disebut juga dengan junk food, junk food merupakan makan makanan sampah sebab di dalam makan makanan itu tidak ada nutrisinya samasekali. Justru makan makanan itu merupakan sumber penyakit bagi tubuh.

Junk food adalah makan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan lemak jenuh merupakan sumber penyakit jantung koroner. Agar tubuh tidak mudah sakit tentunya sobat harus menghindari makan makanan junk food tersebut.

Minum Air Putih Yang Cukup

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit ada baiknya sobat mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh sobat. Ada banyak bahaya akibat kekurangan cairan otak dan untuk organ-organ yang ada di dalam tubuh manusia.

Organ yang ada di dalam tubuh manusia terdiri dari air atau cairan sehingga jika organ kekurangan air fungsi organ itu pun terganggu.

Kekurangan cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan aliran darah dan juga aliran oksigen di pembuluh darah menjadi terganggu akibatnya adalah darah menjadi kental.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh manusia sobat bisa mengkonsumsi air putih sebanyak dua liter dalam per hari.

Sobat jangan mengkonsumsi cairan selain air putih sebab air putih mampu menghindarkan sobat dari bahaya dehidrasi. Air putih juga mampu membuat tubuh sobat menjadi bugar dikarenakan aliran darah dan juga aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar.

Jika aliran darah dan oksigen tidak lancar orang tersebut akan mudah lelah, lesu, lunglai dan lain sebagainya.

Lakukan Olah Raga Yang Teratur

Bagi orang yang belum memiliki penyakit jantung sobat bisa berKegiatan Olahraga berat selama 30 menit dalam sehari.

Kegiatan Olahraga itu bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia.

Kegiatan Olahraga ini juga berguna untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh manusia.

Tanpa Kegiatan Olahraga, lemak yang ada di dalam tubuh tidak bisa dibakar setips sempurna sehingga lemak itu tetap akan menempel di pembuluh darah manusia dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, menempel di jantung sehingga menyebabkan serangan jantung.

Oleh sebab itu Kegiatan Olahraga sangat penting sekali untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Bagi orang yang sudah mengalami masalah jantung, untuk tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit bisa melakukan Kegiatan Olahraga ringan sesuai kemampuan.

Durasinya tidak selama orang yang sehat dan tidak memiliki serangan jantung. Orang yang memiliki penyakit jantung bisa berKegiatan Olahraga selama 15 menit untuk menjaga tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Cuci Tangan Sebelum Makan

Untuk tidak mudah sakit sobat bisa cuci tangan sebelum makan. Sudah diketahui sebelumnya jika tangan yang terkena kuman akan mudah sekali masuk ke dalam tubuh.

Kuman itu nantinya akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Ada banyak bahaya tidak mencuci tangan sebelum makan salah satunya adalah akan menyebabkan sakit perut.

Ada juga orang yang mudah sakit padahal dia sering cuci tangan sebelum makan, hal itu bisa dikarenakan orang tersebut belum tahu bagaimana tips mencuci tangan yang benar dan steril sehingga kuman tersebut masih menempel di tangan.

Cuci tangan tidak asal cepat, namun sobat juga harus tahu bagaimana tips yang benar dalam mencuci tangan. Mencuci tangan pun harus dengan sabun antiseptik, fungsi sabun itu sebagai pembunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan manusia. Saat ini sobat bisa menjumpai sabun ini di supermarket atau di toko kesehatan.

Waktu Istirahat Yang Cukup

Istirarahat yang cukup dan memiliki jam tidur yang teratur merupakan kunci sehat yang harus sobat lakukan. Orang banyak yang terkena penyakit sebab jam tidur mereka serampangan. Mereka banyak yang tidur sudah larut malam kemudian bangun terlalu pagi.

Alasan pekerjaan membuat mereka melakukan pola hidup yang tidak sehat. Setelah seharian bekerja tubuh perlu istirahat agar organ yang ada di dalam tubuh juga tidak bekerja terlalu keras.

Ada banyak sekali penyakit akibat kurang tidur yang mengintai orang dengan jam tidur yang tidak cukup.

Untuk selalu sehat sobat harus tidur sebanyak 8 jam dalam per hari. Jangan kurang dan jangan berlebihan sebab kebanyakan tidur pun akan memicu timbulnya penyakit.

Penuhi Kebutuhan Serat Tubuh Sobat

Agar tubuh tetap sehat sobat memerlukan makan makanan yang berserat untuk menjaga tubuh sobat tetap sehat dan fit.

Makan makanan yang berserat itu berfungsi untuk menghindarkan dari sembelit dan juga menyehatkan organ pencernaan.

Sobat bisa memasukkan makan makanan yang mengandung serat tinggi di dalam daftar makan makanan sobat.

Makan makanan yang tinggi serat pun sebagai makan makanan yang bisa digunakan untuk mengeluarkan racun yang menempel di usus terutama usus besar.

Jika usus besar memiliki banyak racun maka resiko untuk terkena kanker usus cenderung besar.

Kendalikan Suasana & Fikiran Stres

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat sobat bisa mengendalikan stress yang sobat miliki. Jangan pernah menganggap remeh penyakit stress ini.

Stress yang tidak segera diatasi akan berubah menjaid depresi. Depresi merupakan tingkatan gangguan psikis yang lebih membahayakan dibandingkan dengan stress. Orang yang depresi bahkan bisa membahayakan keselamatan dirinya sendiri.

Stres ini biasanya muncul di lingkungan kerja, lingkungan keluarga, lingkungan sosial atau bahka di lingkungan pergaulan. Agar tidak berubah menjadi depresi ada baiknya sobat mengetahui bagaimana tips mengatasi stress yang efektif.

Cukupi Kebutuhan Vitamin

Tubuh sobat membutuhkan asupan vitamin untuk tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan sehat.

Asupan vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin D dan juga vitamin C. Akibat kekurangan vitamin D adalah akan membuat tubuh menjadi mudah terkena kuman dan virus.

Vitami D pada dasarnya bisa digunakan sebagai penstimulus antibodi agar zat antibodi itu mampu menghasilkan sistem imun yang bisa digunakan untuk melawan kuman dan bakteri yang ada di dalam tubuh.

Tidak hanya vitamin D saja yang dibutuhkan oleh tubuh, namun vitamin C pun sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak mengherankan banyak artis yang memiliki jam terbang tinggi melakukan suntik vitamin agar tubuhnya menjadi fit.

Penyakit akibat kekurangan vitamin C  juga harus sobat ketahui agar kesadaran sobat dalam mengkonsumsi vitamin C ini semakin bertambah.

Vitamin C bisa digunakan untuk menstabilkan sistem imun tubuh sehingga sistem imun yang stabil akan membuat daya tahan tubuh semakin bagus, sistem imun itu akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Mengkonsumsi Suplemen

Bagi sobat yang memiliki mobilitas sangat tinggi dan memiliki kesibukan yang tinggi tidak ada salahnya sobat mengkonsumsi suplemen penambah tenaga untuk menjaga energi yang ada di dalam tubuh sobat.

Suplemen ini berguna untuk menjaga tubuh sobat dari kelelahan. Jika kelelahan sistem imun akan menurun dan ketika menurun masuklah penyakit yang disebabkan oleh kuman dan virus di dalam tubuh sobat.

Tidak mengherankan orang yang jam kerjanya padat sering terkena flu, batuk dan juga sakit kepala. Hal itu dikarenakan dia kelelahan dan sistem imun sedang menurun.

Menjaga Hiegienitas Makan makanan

Pastikan makan makanan yang sobat makan bersih dari kuman dan virus. Memang lebih aman jika sobat memasak makan makanan sobat sendiri di rumah dan tidak membiasakan diri jajan sembarangan.

Berpikiran Positif

Pikiran positif sangat penting bagi kehidupan sobat dan kesehatan sobat. Ketika sobat suka berfikiran buruk, energi yang buruk pun akan menyelimuti tubuh sobat. Begitupula sebaliknya. Pikiran yang buruk pun pemicu stress sehingga sobat patut menghindarinya.

Untuk keperluan perawatan tubuh sobat, kami telah menyediakan produk herbal berkualitas dan terjamin, aman tanpa efek samping yang buruk bagi tubuh sobat.

Lihat produk suplemen perawatan tubuh sobat yang telah kami sediakan, seperti Apple Stem Cell, produk suplemen herbal ajaib & terlengkap, baca selengkapnya, klik Disini >>

Kesehatan adalah kekayaan yang tidak ternilai harganya, oleh sebab itu jagalah kesehatan sobat sebelum datang penyakit.

Itulah berbagai macam Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit yg dapat kami sampaikan. Tetap jaga kesehatan sobat, karena tidak ada penyesalan yang datang di depan, penyesalan selalu datang belakangan

Pencarian dari Google:

, ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

- agen, distributor, reseller, supplier, jual grosir, eceran, produk, herbal, obat herbal, produsen, toko obat, - Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Dan Sekitarnya. - Baros, Cilegon, Pandeglang, Rangkasbitung, Serang, Tangerang, Tigaraksa, Anyer, Merak, Balaraja, Serpong / BSD. Kabupaten Serang, Pandeglang, Lebak, Tangerang, - Bandung, Banjar, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cibinong, Cikarang, Cimahi, Cirebon, Depok, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Ngamprah, Cimareme, Purkawarka, Pelabuhan Ratu, Singaparna, Soreang, Subang, Sukabumi, Sumber, Sumedang, Tasikmalaya, Majalaya, Jatilangor, Lembang, Rancaekek, Jatibarang, Kadipaten, Losari, Palimanan, Jatiwangi. Kabupaten Ciamis, Cianjur, Bogor, Bekasi, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Bandung Barat, Purwakarta, Sukabumi, Tasikmalaya, Bandung, Subang, Cirebon, Sumedang, - Banjarnegara, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Mungkid, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purwokerto / Banyumas, Purwodadi, Purworejo, Rembang, Salatiga, Semarang, Slawi, Sragen, Sukoharjo, Surakarta / Solo, Tegal, Temanggung, Ungaran, Wonogiri, Wonosobo, Ambarawa, Cepu, Bojonegoro, Majenang, Ajibarang, Kartosuro, Bumi Ayu. Kabupaten Banjarnegara, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Magelang, Kudus, Pati, Pemalang, Purbalingga, Banyumas, Grobogan, Purworejo, Rembang, Tegal, Sragen, Sukoharjo, Temanggung, Semarang, Wonogiri, Wonosobo , - Bantul, Sleman, Wates, Kulon Progo, Wonosari, Yogyakarta, Prambanan. Kabupaten Bantul, Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul - Bangkalan, Banyuwangi, Batu, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Caruban, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Kepanjen, Trenggalek, Krasaan, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pandaan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Surabaya, Tuban, Tulungagung, Paiton, Wlingi. Kabupaten Bangkalan, Banyuwangi, Bojonegoro, Bondowoso, Madiun, Gresik, Jember, Jombang, Malang, Trenggalek, Probolinggo, Lamongan, Lumajang, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Tuban, Tulungagung, Blitar - Amlapura / Karangasem, Bangli, Denpasar, Gianyar, Menguwi, Badung, Jembrana, SamarapurA, Klungkung, Singaraja, Buleleng, Tabanan, Kuta, Nusa Dua, Sanur, Gilimanuk, Ngurahrai, Jimbaran. Kabupaten Karangasem, Bangli, Gianyar, Badung, Jembrana, Klungkung, Buleleng, Tabanan - Baturaja, Indralaya, Kayu Agung, Lahat, Martapura, Muara Beliti Baru, Musi Rawas, Muara Enim, Tanjung Enim, Muaradua, Lubuk Linggau, Pagar Alam, Palembang, Pangkalan Balai, Banyuasin, Prabumulih, Sekayu, Tebing Tinggi, Sungai Lilin, Sungai Gerong / Plaju. Kabupaten Ogan KOmering Ulu, Ogan Ilir, Ogan Kemering Ilir, Lahat, OKU Timur, Musi Rawas, Muara Enim, OKU Selatan, Banyuasin, Musi Banyuasin, Empat La , - Arosuka, Batu Sangkar, Bukittinggi, Lubuk Basung, Lubuk Sikaping, Muara, Sijunjung, Padang, Padang Panjang, Painan, Pariaman, Padang Pariaman, Payakumbuh, Dharmasraya, Sawahlunto, Solok, Tuapejat, Lima Puluh Kota, Solok Selatan, Kep Pagai, Lubuk Alung. Kabupaten Solok, Tanah Datar, Agam, Pasaman, Sijunjung, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota - Balige, Binjai, Dolok Sanggul, Gunung Sitoli, Gunung Tua,Kabanjahe, Kisaran, Limapuluh, Lubuk Pakam, Medan, Padang Didempuan, Pangururan, Panyambungan, Pematangsiantar, Rantau Prapat, Salak, Sei Rampah, Sibolga, Sibuhuan, Sidikalang, Sipirok, Stabat, Tanjung Balai Asahan, Tarutung, Tebing Tinggi, Teluk Dalam, Pangkalan Brandan, Laguboti, Belawan, Siborong Borong, Tanjung Morawa. Kaputaten Toba Samosir, Humbang Hasudutan, Nias, Padang Lawas Utara, Karo, Asahan, Batubara, Deli Serdang, Samosi, Mandailing Natal, Simalungun, Labuhan Batu, Pakpak Bharat, Serdang Bedagai, Tapanuli Tengah, Padang Lawas, Dairi, Tapanuli Selatan, Langkat, Tapanuli Utara, Nias Selatan, - Banda Aceh, Bireuen, Biang Kejeren, Biangpidie, Idi Rayeuk, Jantho, Kuala Simpang, Kutacane, Krueng Sabee, Langsa, Lhokseumawe, Lhoksukon, Meulaboh, Meureudu, Sabang, Sigli, Simpang Tiga Redelon, Sinabang, Singkil, Subulussalam, Suka Makmue, Takengon, Tapak Tuan, Calang. Kabupaten Bireuen, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Timur, Aceh Besar, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Aceh Jaya, Aceh Utara, Aceh Barat, Pidie Jaya, Pidie, Bener Meriah, Simeulue, Aceh Singkil, Nagan Raya, Aceh Tengah, Aceh Selatan - Bagan Siapi-Api, Bangkinang, Bengkalis, Dumai, Pangkalan Kerinci, Pasir Pangaraian, Pekanbaru, Rengat, Siak Indrapura, Teluk Kuantan, Tembilahan, Minas, Rumbai, Marpoyan, Ujung Batu, Duri. Kabupaten Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir - Bandar Seri Bintan, Batam, Ranai, Tanjung Balai Karimun, Kundur, Tanjung Pinang, Nongsa, Kabil, Lingga, Daik, Dabo Singkep, Kabupaten Natuna, Karimun, Lingga, Meliputi ; Koba, Manggar, Mentok, Pangkal Pinang, Sungailiat, Tanjung Pandan, Toboali, Belinyu, Jebus, Kelapa. Kabupaten Bangka Tengah, Belitung Timur, Bangka Barat, Bangka, Belitung, Bangka Selatan, - Arga Makmur, Bengkulu, Curup, Kaur, Kepahiang, Lebong, Manna, Muko-Muko, Tais. Kabupaten Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kaur, Kepahiang, Lebong, Bengkulu Selatan, Muko-Muko, Seluma, - Bandar Lampung, Blambangan Umpu, Gedong Tataan, Gunung Sugih, Kalianda, Kota Agung, Kotabumi, Liwa, Menggala, Metro, Sukadana, Bakauheuni, Krui / Pesisir Tengah, Sumber Jaya, Talang Padang, Pringsewu, Bukit Kemuning. Kabupaten Way Kanan, Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Tanggamus, Lampung Utara, Lampung Barat, Tulang Bawang, Lampung Timur, - Bangko, Jambi, Kuala Tungkal, Muara Bulian, Muara Bungo, Buara Tebo, Muara Sabak, Sarolangun, Sengeti, Sungai Penuh, Ramba. Kabupaten Merangin, Tanjung Jabung Barat, Batang Hari, Bungo, Tebo, Tanjung Jabung Timur, Sarolangun, Muaro Jambi, Kerinci, - Bengkayang, Ketapang, Mempawah, Nanga Pinoh / Melawi, Ngabang, Pontianak, Putussibau, Sambas, Sanggau, Sekadau Hilir, Singkawang, Sintang, Sungai Raya / Kubu Raya, Teluk Melano, Wajok. Kabupaten Bengkayang, Ketapang, Pontianak, Melawi, Landak, Kapuas Hulu, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Kubu Raya, Kayong Utara, - Amuntai, Banjarbaru, Banjarmasin, Barabai, Batu Licin, Kandangan, Kotabaru, Marabahan, Martapura / Banjar, Paringin / Balangan, Pelaihari, Rantau, Tanjung, Sungai Danau. Kabupaten Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Tanah Bambu, Hulu Sungai Selatan, Kota Baru, Barito Kuala, Banjar, Balangan, Tanah Laut, Tampir, Tabalong, - Buntuk, Tamiang Layang, Parukcahu, Muara Teweh, Kasongan, Kuala Kapuas, Kuala Pembuang, Palangkaraya, Pangkalan Bun, PUlang Pisau, Sampit, Sukamara, Lamandau / Nangebulik. Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Murung Raya, Barito Utara, Katingan, Kapuas, Gunung Mas, Seruyan, Kotawaringin Barat, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur, Sukamara, Barito Timur, - Balikpapan, Bontang, Malinau, Nunukan, Penajam, Samarinda, Sanggata, Sendawar, Tanah Grogot, Tanjung Redep / Berau, Tanjung Selor, Tarakan, Tenggarong, Teluk Pandan, Sebatik, Palaran, Sanga Sanga, Muara Badak, Loa Kulu. Kabupaten Malinau, Nunukan, Penajam Paser Utara, Kutai Timur, Kutai Barat, Paser, Berau, Bulungan, Kutai Kartanegara, - Ampana / Tojo Una Una, Banawa / Donggala, Banggai, Bungku / Kolonedale, Buol, Tolitoli, Luwuk, Palu, Parigi, Poso. Kabupaten Tojo Una-Una, Donggala, Banggai Kepulauan, Morowali, Buol, Toli-Toli, Banggai, Parigi Moutong, Poso, - Banteang, Barru, Belopa, Benteng, Bulukumba, Enrekang, Jeneponto, Takalar, Makale, Makassar, Malili, Maros, Masamba, Palopo, Pangkajene, Sidenreng, Pare-Pare, Pinrang, Sengkang, Sinjai, Sungguminasa, Watampone, Watansoppeng, Soroako. Kabupaten Banteang, Bamu, Luwu Utara, Selayar, Bulukumba, Enrekang, Jeneponto, Takalar, Tana Toraja, Luwu Timur, Maros, Luwu Utara, Pangkajene, Sidenreng Rappang, Pinrang, Wajo, Sinjai, Goa, Bone, Soppeng, - Bau-Bau, Kendari, Kolaka, Lasusua, Pasar Wajo, Raha, Rumbia, Unaaha, Wanggodo / Andolo, Wangi-Wangi / Wakatobi. Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Buton Dan Buton Utara, Muna, Bombana, Konawe, Konewe Utara / Selatan, Wakatobi, - Airmadidi, Amurang, Bitung, Boroko, Kotamobagu, Manado, Ratahan, Tauna, Tomohon, Tondano. Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Bitung, Bolaaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow, Minahasa Tenggara, Kepulauan Sangihe, Minahasa, - Majene, Mamasa, Mamuju, Pasangkayu, Polewali. Kabupaten Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Utara, Polewali Mandar, - Gorontalo, Kwandang, Limboto, Marisa, Suwawa, Tilamuta. Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, Pahuwato, Bone Bolango, Boalemo, - Ambon, Dataran Hunimoa, Dobo, Masohi, Namlea, Piru, Saumlaki, Tual. Kabupatan Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru, Maluku Tengah, Buru, Seram Bagian Barat, Maluku Tenggara Barat, Maluku Tenggara, - Jailolo, Labuha, Maba, Sanana, Ternate, Tidore, Tobelo, Weda / Soasiu. Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Timur, Kepulauan Sula, Halmahera Utara, Halmahera Tengah, - Bima, Dompu, Gerung, Mataram, Praya, Selong, Sumbawa Besar, Taliwang, Woha / Ramba, Batu Hijau. Kabupaten Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, - Atambua, Baa, Bajawa, Borong, Ende, Kafamenanu, Kalabahi, Kupang, Labuan Bajo, Larantuka, Lewoleba, Maumere, Mbay, Oelamasi, Ruteng, Soe, Tambolaka, Waibakul, Waikabubak, Waingapu. Kabupaten Belu, Rote Ndao, Ngada, Manggarai Timur, Ende, Timur Tengah Utara, Alor, Manggarai Barat, Flores Timur, Lembata, Sikka, Nagekoe, Kupang, Manggarai, Timur Tengah Selatan, Sumba Barat Daya,Sumba Tengah, Sumba Barat, Sumba Timur, - Bintuni, Fak-Fak, Kaimana, Monokwari, Rasei, Sorong, Waisai, Timika, Tembaga Pura, Teminabuan. Kabupaten Teluk Bintuni, Fak-Fak, Kaimana, Manokwari, Teluk Wondama, Sorong, Raja Ampat, Mimika, Sorong Selatan, - Agats, Biak, Botawa, Jayapura, Mulia, Merauke, Nabire, Oksibil, Sarmi, Sorendiweri, Sumohai, Timika, Wamena, Waris, Maapi, Paniai / Enarotari, Yapen Waropen / Serui, Sentani, Mamberamo / Bursemo, Boven Digul / Tanah Merah. Kabupaten Asmat, Biak Numfor, Waropen, Puncak Jaya, Merauke, Nabire, Pegunungan Bintang, Sarmi, Supiori, Yahukimo, Mimika, Jayawijaya, Keerom, Maapi, Enarotari, Yapen Waropen, Jayapura, Mamberamo, Boven Digul,